19 Februari 2010

Deteksi Dini Kanker Payudara

Deteksi Dini KANKER PAYUDARA

Salam,
Sehat selalu

Catatan : Sebelum melanjutkan membaca posting ini harap difahami, posting bab ini bukan posting tentang pornografi dan sejenisnya, ini saya tulis dengan harapan menekan jumlah wanita yang mengidap penyakit kanker payudara, untuk perhatiannya terima kasih.

Membaca judul diatas, ngeri ya bunda, semoga kita terbebas dari penyakit itu, amin. Tidak perlu saya uraikan tentang akibat tragis dari satu gumpalan kecil dalam buah dada, saya rasa para wanita tau dan menyadari hal itu. Untuk preventif-nya mari kita melakukan pemeriksaan buah dada kita sendiri untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Tujuannya : mengenal bagaimana keadaan buah dada yang normal dan menemukan kelainan yang ada sedini mungkin, yaitu deteksi dini adanya kanker payudara.

Pemeriksaan buah dada sendiri itu dianjurkan dikerjakan oleh setiap wanita dewasa (sudah haid) sebulan sekali, dalam kurun waktu 1 minggu setelah selesai menstruasi.
Bagi wanita yang telah menopause dianjurkan pada waktu yang tetap, misalnya tiap tanggal 1.

Berikut langkah-langkah melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SARARI) :
1. Memeriksa buah dada di depan kaca, posisi berdiri, kedua tangan lemas menggantung lurus kebawah, apakah sama besar dan perhatikan bentuknya, apakah kulit buah dada berkerut dan puting susu masuk kedalam, terutama adanya benjolan.
2. Posisi tetap berdiri dan mengangkat tangan lurus di atas kepala, cobalah periksa sekali lagi di depan kaca apakah tanda-tanda itu sudah ada.
3. Tidurlah diatas tempat tidur dengan handuk yang diletakkan di punggung agar mudah diperiksa lalu untuk memeriksa buah dada sebelah dalam, angkat tangan kiri keatas, tangan kanan meraba mulai dari tulang rusuk arah keluar (menuju puting susu), periksa juga daerah sekitar puting susu dengan jari-jari, semua diraba dengan seksama, apakah ada benjolan apa tidak.
Dengan posisi yang sama peiksalah bagian bawah sebelah dalam
4. Posisi berikutnya tetap berbaring seperti posisi diatas, lalu gerakan tangan kanan berada dibawah, periksalah jaringan dekat ketiak, dan bagian samping buah dada serta bagian bawah buah dada, periksa dengan seksama apakah teraba adanya benjolan atau tidak.
5. Lakukan hal yang sama (mulai no 3) untuk memeriksa buah dada yang sebelah kanan.
6. Pemeriksaan sudah selesai.
7. Semoga anda terbebas dari kanker payudara
8. Namun bila terdapat tanda-tanda seperti benjolan segera berkonsultasi dengan Dokter anda, untuk diberikan pengobatan sedini mungkin

Selain langkah diatas dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap beha yang anda kenakan. Dari puting susu dapat pula keluar cairan dengan sendirinya, tanpa pijatan. Cairan ini dapat melekat menjadi kerak atau menimbulkan noda pada bagian dalam cup behayang dipakai. Setelah beha dipakai, sebelum dicuci perhatikan apakah ada noda yang melekat pada cup beha anda. Untuk lebih muda melihat adanya noda itu, dianjurkan memakai beha warna putih atau beha berwarna terang. Sekali lagi apabila terdapat noda, segeralah berkonsultasi dengan Dokter anda.

Lakukan segera pemeriksaan ini, untuk mendeteksi sedini mungkin tanda-tanda kanker payudara.

Sumber : Kumpulan kuliah sub program, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Ilmu Kandungan, Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Semoga bermanfaat
Salam
Bunda Fitri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar