21 Januari 2010

Toksoplasmosis dan Cara Pencegahannya

TOKSOPLASMOSIS DAN CARA PENCEGAHANNYA

Salam bunda
Posting kali ini tentang pengalaman saya ketika mengikuti seminar sehari (Prof.dr.H.R. Hariadi) tentang Toksoplasmosis dan akibatnya pada ibu dan bayi yang dilahirkan. Saya ikut seminar ini sudah lama waktu SMU nemenin bundaku dan teman-teman arisan kantornya. Untung saya menyimpan berkasnya sampai saya baca kembali waktu saya hamil tahun lalu. Siapa tau bermanfaat bagi bunda, saudara maupun ayah yang menanti sang jabang bayi.

KUCING, sebagian orang menyukai hewan ini karena lucu dan mengemaskan, meoong-meoong itulah bunyinya hehe… eits tunggu dulu bisa jadi hewan kesayangan anda ini akan membunuh janin dalam kandungan anda, Lho kok bisa?

Toksoplasmosis, sebagian dari anda mungkin sudah pernah dengar dan bahkan sudah faham tentang penyakit ini, baguslah klo begitu, bagi yang belum berikut rangkumannya.

TOKSOPLASMOSIS ?
Nama Toksoplasma berasal dari bahasa Yunani toxon (busur,melengkung seperti sabit). Toksoplasma ditemukan pertama kali pada hewan pengerat di Afrika Utara (Th.1908).. Penyakit ini disebabkan oleh protozoa parasit yang disebut Toksoplasma Gondhi. Gondhi adalah tempat ditemukannya penyakit ini untuk pertama kalinya. Barulah Th.1937 toksoplasmosis dikenal sebagai penyakit pada manusia.

SUMBER PENULARANNYA ?
Sumber penularan yang banyak adalah melalui hewan seperti tikus, domba, kambing, kecoa, burung, dan yang paling utama adalah KUCING.

KOK BISA KUCING MEMBAWA PENYAKIT INI ?
Kucing dan sejenisnya (kucing hutan, singa, harimau dll) adalah induk semang utama T.gondhi. Kucing terinfeksi toksoplasma dengan jalan makan bibit toksoplasmosis yang disebut oocyst yang terdapat di dalam daging, hati, limfa, otak, jantung hewan yang terinfeksi. Kucing tersebut akan menghasilkan oocyst yang dikeluarkan didalam tinjanya. Oocyst yang dihasilkan kucing tersebut sangat tahan terhadap kondisi lingkungan. Oocyst ini bila termakan manusia maupun hewan lain akan menyebabkan toksoplasmosis yang disertai pembentukan jaringan baru di dalam organ tubuhnya. Manusia dan hewan lain tidak menghasilkan oocyst seperti pada kucing, jadi tidak menularkan toksoplasmosis kepada manusia dan hewan lain. Kecuali orang tersebut memakan daging hewan yang membawa oocyst ini.

KOK BISA IBU HAMIL TERINFEKSI ?
Manusia demikian pula ibu hamil dapat terinfeksi dengan cara memakan daging, buah-buahan atau sayuran yang terkontaminasi atau karena kontak dengan kotoran kucing. Kista toksoplasma terutama ditemukan di dalam daging babi, daging kambing, daging domba, dan jarang ditemukan dalam daging sapi dan daging ayam.
Kista toksoplasma yang terdapat dalam daging dapat dihancurkan dengan pembekuan atau dimasak sampai dagingnya berubah warna (suhu 66 oC). Buah dan sayuran yang tidak dicuci dapat menularkan ookista. Para pmilik kucing yang berkebun atau anak-anak yang bermain tanah atau pasir tempat kotoran kucing mempunyai risiko tertular toksoplasma ini.
Penularan dari orang lain tidak terjadi, kecuali penularan dari ibu hamil kepada janin yang dikandungnya.

INFEKSI PADA JANIN
Infeksi pada janin disebabkan oleh masuknya parasit toksoplasma ke tubuh janin melalui plasenta pada waktu ibu mengalami penyebaran trophozoit dalam darah. Risiko penularan terhadap janin meningkat dengan bertambahnya usia kehamilan. Infeksi pada ibu diawal kehamilan menyebabkan kematian janin atau menyebabkan lahir cacat dan keterbelakangan mental. Serem ya bu ! Nah hati-hati Bunda!

GEJALA TERINFEKSI TOKSOPLASMOSIS PADA IBU HAMIL ?
Setelah masa inkubasi selama lebih kurang 9 hari muncul gejala-gejala berikut:
1. Flu
2. Badan terasa lelah
3. Sakit kepala
4. Demam yang tidak begitu tinggi, tetapi bersamaan dengan pembesaran kelenjar limfa terutama didaerah leher belakang.
Apabila bunda mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas segeralah periksa ke dokter, apalagi di rumah bunda memelihara kucing atau sekitar rumah banyak kucing liar.

BAHAYA TERINFEKSI TOKSOPLASMOSIS ?
1. Kematian janin/keguguran
2. Gangguan penglihatan dan pendengaran pada bayi yang dilahirkan
3. Pertumbuhan bayi sangat lambat

CARA PENCEGAHAN TOXOPLASMOSIS ?
1. Hindari makan daging kambing, domba, babi yang setengah matang bahkan mentah.
2. Pada waktu mencuci daging atau memegang daging mentah, jangan menyentuh selaput lendir tubuh seperti mulut, lubang hidung, mata.
3. Mencuci tangan dan alat dapur dengan bersih setelah beraktifitas dengan daging mentah
4. Mencuci sayuran dan buah sebelum dikonsumsi
5. Cegah kontaminasi makanan oleh lalat dan kecoa
6. Memasak air yang dikonsumsi
7. Mencuci tangan setelah berkebun
8. Bagi yang memelihara kucing selalu jaga kebersihannya, termasuk membersihkan kotorannya dan jangan memberi makan kucing dengan daging mentah

BAGAIMANA JIKA TERINFEKSI TOKSOPLASMOSIS INI?
Melakukan pemeriksaan antibody IgG dan IgM dapat mendeteksi adanya penyakit ini, tetapi merupakan pemeriksaan yang mahal, yang bagi sebagian besar masyarakat belum terjangkau. Nah bunda lebih amanya menerapkan hidup bersih dan sehat.

Bagi bunda yang sedang hamil yang sangat sayang sama kucing jaga jarak ya sama kucing dari pada anda beresiko membahayakan janin anda.
OK itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga bunda dan janin bunda sehat selalu, amin.

Salam
Bunda Fitri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar