22 Januari 2010

TIPS LANCAR ASI

Salam,
Apa kabar bunda semua? Semoga selalu sehat…amin
Posting hari ini tentang Tips Lancar Asi, ada banyak sekali literatur mulai dari buku, internet sampai konsul sama bidan dan dokter kandungan saya tentang tips bagaimana cara biar ASI lancar, hampir semua saran yang saya terima saya jalankan dengan niat target ASI exklusif (6 bulan) tercapai.

Sebelumnya perlu kita tau ada banyak sekali manfaat dari ASI itu sendiri, berikut MANFAAT ASI ini :
1. Bayi yang mengkonsumsi ASI jarang sakit
2. Bayi jarang mengidap alergi
3. Menurut penelitian menjadi lebih cerdas
4. Membantu bunda menurunan berat badan
5. Membantu rahim bunda cepat kembali seperti sebelum hamil

Bunda! berikut TIPS LANCAR ASI-nya :
1. Istirahat yang cukup
2. Positif thinking bahwa anda mampu memberikan ASI eksklusif
3. Semangkuk sayur tiap hari, terutama sayur daun katuk, bisa buat sayur bening dengan daun katuk ini. Tanaman katuk ini mudah ditanam kok jadi bunda bisa mempersiapkan tanaman katuk ini semasa melahirkan sehingga tidak repot mencarinya nanti.
4. Banyak minum air putih
5. Banyak makan buah
6. Makan daging juga bisa memperlancar ASI
7. Makan makanan yang bergizi
8. Bila perlu minum 2 gelas susu ibu menyusui
9. Hindari pengunaan dot (kecuali bagi bunda yang sudah mulai kerja lagi) apalagi susu formula. Biarpun bunda kerja tidak menjadi halangan untuk ASI eksklusif karena bunda bisa memompanya dan menyimpan di kulkas. Perlu diketahui pilihlah ujung dot yang bulat bukan pipih karena bentuk bulat akan menyerupai putting sang bunda. Jangan lupa ketika sampai dirumah susui bayi anda agar tidak terkena syndrom bingung puting.
10. Kosongkan payudara setelah anda menyusui dan apabila bayi tidak meminum ASI anda harus tetap memerasnya. Semakin sering anda menyusui semakin banyak ASI yang dihasilkan.
11. Rawatlah payudara anda, dengan cara pijat perlahan lalu kompres dengan air hangat dan dingin secara bergantian

Semua tips diatas telah saya jalani dan hasilnya that’s work!, tapi ada satu masalah yang saya ingin bagi dengan bunda tentang KB, ketika usia bayi saya berumur hampir 5 bulan (tepatnya 19minggu) saya dengan alasan tertentu memutuskan untuk ber-KB. Akibat dari ber-KB ini putra tercinta saya (Rey) kurang berminat lagi menyusu akibatnya berat badannya semula tiap bulan naik 1 kg bulan ini naik cuma setengah kg.

Pada waktu posyandu saya konsulkan hal ini kepada bidan. Menurutnya masih baik karena tidak sampai turun berat badannya, di buku Kartu Menuju Sehat (KMS) sendiri pemberian ASI eksklusif sampai 4 bulan saja sudah cukup baik, namun karena bayi saya menjadi lebih rewel karena asupan ASInya kurang akhirnya bidan menyarankan untuk menambah nutrisinya dengan susu formula atau mulai dikenalkan dengan makanan padat, dengan syarat kita tes terlebih dahulu apakah bayi sudah siap diberikan makanan padat. Perlu diketahui pemberian makanan padat ini tidak tergantung pada usia bayi tetapi tergantung pada kesiapan bayi.
Ciri bayi anda siap menerima makanan padat adalah (tips bayi.com) :
1. Caranya goda dia dengan menempelkan makanan seperti buah pisang atau roti didekat mulutnya, apabila dia bereaksi membuka mulutnya bisa jadi dia telah siap menerima makanan padat.
2. Tertarik ketika melihat makanan dan melihat orang lain sedang makan
3. Dia sudah dapat menahan kepalanya dengan stabil dan dapat duduk jika disangga
4. Bayi tidak lagi menggeluarkan lidahnya ketika menyusu, karena dia sudah bisa menyimpan makanan dimulutnya dan menelan


Akhirnya Rey menunjukkan tanda-tanda diatas dan memang benar dia suka ketika saya suapi dengan pisang bahkan sangat suka dengan air kacang hijau. Dan saya lebih suka memberinya makanan padat dari pada memberinya susu formula dengan alasan ASI saya masih produktif hanya Rey kurang berminat disebabkan ASInya terkadang berbau seperti obat. Saya juga tetap semangat semoga bisa target menyusui sampai 2 tahun.

Selamat mencoba, semoga info ini bermanfaat dan ASI bunda lancar sampai target eksklusif 6 bulan bahkan sampai 2 tahun.

Salam
Bunda Fitri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar