22 Januari 2010

Tips Hemat Listrik

Salam Bunda,
Semoga anda dan bkeluarga sehat selalu

Hari ini kebetulan awal bulan, seperti biasa rutinitas awal bulan bagi para bunda mengurus tagihan seperti listrik dan air. Beberapa bulan lalu tagihan listrik melonjak, duarr!, klo sudah begini baru kerasa deh menggerutu lagi, Kok tagihan bulan ini lebih besar ya dari bulan kemarin, padahal sama penggunaannya? Jangan-jangan Ayah ni yang boros hehe, eit dari pada saling tuduh mari perbaiki bersama ambil hikmah dari setiap masalah ceile.

Untuk itu yang harus dilakukan adalah biasakan untuk hidup hemat, bukan berarti pelit ya bun!
Nah berikut beberapa tips yang saya terapkan untuk berhemat listrik, hasilnya That’s work !, tagihan listrik normal :

TIPS HEMAT LISTRIK
Lampu Listrik
1. Jangan biarkan lampu menyala sepanjang waktu
2. Nyalakan lampu jika memang membutuhkan, biasakan mematikan lampu kamar mandi setelah selesai.
3. Biasakan mematikan lampu teras rumah segera setelah bangun tidur
4. Pilihlah lampu TL yang hemat listrik

Setlika Listrik
1. Menyetlika pakaian sekaligus dalam jumlah banyak juga menolong menekan penggunaan penggunaan listrik.
Bagaimana bisa setlika sekaligus banyak kalau punya baby, baru nyolokin dah menanggis? Klo ini gampang setlika pada hari libur, nah tugas ayah mengajak bermain ketika anda menyetlika, beres kan.

2. Bila anda hanya menyetlika beberapa helai baju saja lantas mematikan setlika kemudian menyambungkannya lagi setelah beberapa menit/jam, listrik yang digunakan niscaya lebih banyak, ingat! setiap kali anda memasang setlika, watt yang dibutuhkan besar.
Bagaimana jika ketika asyik setlika ada telepon berdering ?, jangan mematikan apalagi mencabutnya cukup kecilkan saja, tapi ngobrol diteleponnya jangan lama-lama.

Mesin Cuci
Mencuci pakaian tidak harus setiap hari, bila cucian banyak, tak ada salahnya menumpuknya hingga menjadi cukup banyak untuk dicuci.
Bagaimana kalau punya bayi? Kan harus mencuci tiap hari, takut kehabisan popok karena bayi sering mengompol, klo yang ini saran saya cuci menggunakan tangan saja, selain tidak merusak pakaian bayi (pengalaman saya kalau dicuci di mesin cuci pakaian bayi pada longgar tuh) dan lebih cepat selesai karena kalau menggunakan mesin cuci tidak sebanding dengan jumlah cucian dan timer serta lebih hemat air.

Lemari Es
1. Sebelum membeli lemari es, pilih lemari es yang hemat energi dengan watt kecil. Kalau sudah terlanjur beli lemari es tapi wattnya besar gimana? Ya nasi sudah jadi bubur, sebaiknya periksa anggaran anda untuk menggantinya jika memungkinkan.
2. Jauhkan lemari es dari sumber panas seperti sinar matahari atau kompor agar tidak berat tugasnya
3. Jangan memasukkan makanan panas kedalam lemari es anda, selain memperberat tugas lemari es anda hal itu juga dapat mempercepat lemari es anda masuk gudang alias cepat rusak
4. Tutuplah rapat-rapat lemari es dan buka lemari es bila benar-benar diperlukan

Alat Hiburan
Seperti TV, Radio Listrik, Tape, DVD dll tidak perlu dinyalakan apabila tidak ada yang menonton maupun mendengarnya.

Komputer
1. Pergunakan computer jika anda membutuhkannya.
2. Hindari kebanyakan bermain game
3. Sebelum mengetik konseplah terlebih dahulu

Pengering rambut & Pelurus rambut
Pergunakan disaat anda membutuhkan dan pergunakan dalam keadaan yang tergesa-gesa saja, jika punya banyak waktu keringkan rambut secara alami saja.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Salam
Bunda Fitri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar